Jumat, 10 Desember 2010

Road-Train: Bisa Nyetir Sambil Nyantai

Jangan kaget kalau suatu saat nanti anda sedang berada di Eropa sana melihat seseorang sedang membaca koran atau membuka notebook padahal dia sedang mengendarai mobil.
Sebuah sistim yang disebut Road Train sedang diuji coba yang memungkinkan kita tidak perlu lagi konsentrasi untuk mengendarai mobil.


Tidak seperti sistim mobil tanpa sopir (driverless) yang pernah kami bahas karena sistim ini tetap membutuhkan seseorang (mobil) yang bisa dijadikan penunjuk jalan (disebut dengan Lead Vehicle) dan telah dipasang sebuah sensor.
Sederhananya sih, sistim ini seperti bebek dimana anak-anak bebek selalu mengikuti kemana si induk pergi. 
Jadi dengan sistim Road Train ini, ketika anda mau bersantai, anda cukup mendekati mobil yang berada dalam jalur sistim Road Train dan secara otomatis, sistim akan mengambil alih kemudi dan mengikuti mobil yang ada di depannya sehingga anda bisa baca koran dan tidak perlu memperhatikan jalan.
Jumlah mobil yang bisa tersambung dengan sistim Road Train ini bisa beberapa dimana target pertama setidaknya 5 mobil bisa ikut di bagian belakang Lead Vehicle.
Road Train sendiri menjanjikan selain aman, kita juga bisa cepat karena sistim ini bisa berjalan di atas kecepatan maksimum 90 km/ jam.
Ketika anda merasa sudah sampai tujuan atau berbeda arah, anda cukup keluar dari jalur Road Train dan otomatis sistim akan mati dan kembali ke posisi manual.
Road Train saat ini masih dalam pengembangan dan diharapkan dapat diuji coba pada tahun 2012 nanti dengan kemampuan untuk menangani 5 mobil di belakang Lead Vehicle.
Proyek ini merupakan kerjasama antara Sartre dengan Volvo dan beberapa perusahaan lainnya (total ada 7 perusahaan).


Nih Videonya :


Sumber berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...